PEMDES JEMBATAN KEMBAR TIMUR, SOSIALISASIKAN PROGRAM GEMA CITA DAN PERLINDUNGAN ANAK BERBASIS MASYARAKAT (PATBM)

  • Admin Desa Jembatan Kembar Timur
  • Dec 07, 2022

PEMDES JEMBATAN KEMBAR TIMUR, SOSIALISASIKAN PROGRAM GEMA CITA DAN PERLINDUNGAN ANAK BERBASIS MASYARAKAT (PATBM)

Jembatan Kembar Timur – Pemerintah Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar Sosialisasi Program Gema Cita dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Aula Kantor Desa Jembatan Kembar Timur, Kamis (17/03). Sosialisasi ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPPA) Kabupaten Lombok Barat, NTB dan Yayasan Plan Indonesia.

Sosialisasi PATBM Tahun 2022 ini melibatkan kalangan anak sebagai peserta utama. Dan diantaranya ada beberapa Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama, serta orang tua anak.

Kepala Desa Jembatan Kembar Timur, H. Ismail Darwan mengatakan, perkembangan anak dan juga perempuan harus terus mendapat perhatian Pemerintah di tengah fenomena kekerasan yang terjadi di masyarakat khususnya terhadap anak. “Kita bentuk PATBM sebagai lembaga baru di Desa Jembatan Kembar Timur yang nantinya akan menjadi ruang bagi masyarakat untuk mengenali, menelaah, serta berinisiatif mencegah pernikahan anak dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri.”

Kades Jakem Timur berharap, penanganan anak di masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa. Tapi, peranan lembaga, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya amat dibutuhkan dalam rangka optimalisasi pemenuhan kebutuhan dan hak dasar anak, ”Penanganan dan perlindungan anak ini tanggung jawab kita semua. Mulai dari keluarga, lingkungan, masyarakat, hingga tatanan Pemerintah, baik daerah maupun negara dalam lingkup lebih luas. Maka dari itu, PATBM dihadirkan Kementerian PPPA agar semua komponen itu bisa saling terpadu dan terintegrasi,” tutupnya. (Humas_Jakem_Timur)