Kerajinan Batu Bata Sebagai Mata Pencaharian di Dusun Tibun Lilin

  • Admin Desa Jembatan Kembar Timur
  • Oct 12, 2023

Desa Jembatan Kembar Timur - Batu bata merupakan salah satu material yang paling tua, berasal dari tahun 7000 SM dan telah digunakan selama ribuan tahun. Seperti dikutip dari Brick Architecture, batu bata ditemukan di Turki Selatan, tepatnya di lokasi pemukiman kuno yaitu di sekitar kota Yerikho. Oleh karena itu, batu bata menjadi salah satu mata pencaharian di Indonesia termasuk di Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, khususnya di Dusun Tibun Lilin.

Batu bata adalah salah satu produk unggulan di Dusun Tibun Lilin.  Produk ini sudah terkenal sudah lama lebih dari 30 tahun dan pemasarannya sudah terbilang cukup baik dan punya kualitas yang bagus. Harga batu bata terbilang murah sehingga penghasilannya pun tidak menentu. Adapun kendala penjualan produk ini dikarenakan musim hujan sehingga proses pengeringannya terbilang lama, namun harga yang diberikan lebih mahal dari harga pada saat musim kemarau.

Cara pembuatan batu bata ini menggunakan cara manual maupun menggunakan alat bantu (mesin) dan cara pembakaranya juga ada yang menggunakan kayu bakar , ada pula yang menggunakan merang (kulit padi). untuk harga tentunya juga ada perbedaan antara yang dibakar menggunakan kayu dan menggunakan merang, namun harga yang dibakar sekitar 10rb/biji.

"Batu bata ini jadi penghasilan utama buat warga dusun Tibun Lilin karena disini sangat kurang minat pekerjaan. Terus untuk penjualan batu bata ini di jual ke Bos di Dusun Tibun Lilin juga.." ujar Ibu Rukaiyah selaku warga dan Ibu Kadus Dusun Tibun Lilin.

 

(Desa Jembatan Kembar Timur/FDIK UINMA/Baiq Annisa Regita Cahyani & Aisyah Azahra Azis)